Beranda > Multimedia > Brand Melahirkan Estetika

Brand Melahirkan Estetika

Pada dasarnya brand memiliki beberapa tahapan dalam menuju ekuitas suatu brand. Diantara tahapan yang dimiliki suatu brand terhadap suatu benda desain adalah : tahapan brand awareness, brand assessement, brand promise, dan brand advantage. Dari keempat tahapan dalam mencapai ekuitas suatu brand, maka keempat tahapan tersebut akan memiliki arahan dalam pencapaian suatu bentuk desain yang beragam. Keragaman arahan (baca : kebijaksanaan serta rumusan) dalam menghasilkan suatu benda desain disebabkan tuntutan inovasi yang dicapai dari satu tahapan kepada tahapan yang lainnya. Artinya, tiap tahapan dalam mencapai ekuitas suatu brand, akan memiliki nilai estetika yang beragam. Namun, yang perlu diingat adalah masing-masing tahapan tetap memiliki nilai estetika yang tinggi sesuai arahan strateginya.
Pada tahapan brand awareness, inovasi suatu desain akan muncul secara total, sehingga estetika yang dihasilkan juga memberikan pengalaman baru bagi para penikmatnya (apresiator). Yang perlu diingat, estetika tahapan ini dikenali dari bentukan karya desain yang harus dapat dinikmati secara keseluruhan (kesatuan) dalam benda desain. Pada tahapan brand assessement, estetika dapat dinikmati dari gubahan karya desain sebelumnya. Gubahan terhadap karya desain ini disebabkan inovasi tidak lagi dimiliki oleh benda desain yang baru, namun kelanjutan estetika dari tahapan brand awareness. Pada tahapan brand promise, estetika lebih terfokuskan kepada brand “blueprint” yang dimiliki oleh suatu perusahaan.
Keunggulan suatu perusahaan yang telah dikenal konsumen menjadi lebih terungkap dalam tahapan ini. Atribut karya desain dari suatu perusahaan tertentu akan dapat diketahui pada tahapan ini.
Pada tahapan brand advantage, estetika akan dinikmati secara keseluruhan (kesatuan) dari brand awareness sampai pada tahapan brand promise. Inovasi benda desain dijumpai melalui semua lini elemen desain. Bagian per bagian karya desain akan memperlihatkan bagian yang menjadi kekuatan suatu brand dan bagian yang mendukungnya.

Berdasarkan kenyataan di atas, ditemukan sejumlah permasalahan yang digali dari sudut estetika teknologi mewujudkan eksotika tertentu. Eksotika ini akan bertahap hadirnya seperti ketertarikan kepada fungsi baru, kemudian ketepatan pencarian pesan dan tema pada desain, dan terakhir adalah menemukan sisi estetika sebuah desain.

Mahendra Wardhana
m_wardhana@hotmail.com

Kategori:Multimedia
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: