Beranda > Oracle > Tipe INDEX pada ORACLE

Tipe INDEX pada ORACLE

B*-tree indexes
Suatu B*-tree index adalah tipe standar dari index yang tersedia pada Oracle, dan itu sangat berguna pada saat memilih row yang sesuai dengan kriteria tertentu. Index jenis ini bisa dibuat dengan perintah CREATE INDEX.

Bitmap indexes
Untuk kolom yang memiliki sedikit nilai yang unik, maka suatu bitmap index dapat meningkatkan performa query. Bitmap indexes sebaiknya hanya digunakan ketika data di-load secara batch (seperti pada banyak aplikasi datawarehouse atau reporting).

Reverse key indexes
Jika ada isu I/O contention selama proses insert nilai sekuensial berlangsung, Oracle dapat secara dinamis me-reverse nilai index sebelum menyimpannya.

Function-based indexes
Selain melakukan index terhadap kolom, seperti kolom Nama misalnya, maka Anda juga dapat meng-index suatu kolom yang berbasis function, seperti UPPER(Nama) contohnya. Function-based index akan memberikan kesempatan bagi Oracle optimizer beberapa pilihan ketika memilih execution path.

Partitioned indexes
Anda dapat menggunakan partition index untuk mendukung partitioned tables atau untuk menyederhanakan index management. Index partition dapat bersifat lokal bagi partisi tabel atau dapat pula bersifat global yang berpengaruh pada seluruh tabel.

Text indexes
Anda dapat meng-index nilai text untuk mendukung peningkatan pada kemampuan pencarian, seperti pencarian frase dan lain sebagainya. Text indexes merupakan himpunan dari tabel dan index yang dipelihara oleh Oracle untuk mendukung pencarian teks yang sangat kompleks. Oracle Database 10g menawarkan peningkatan pada text indexes yang mana menyederhanakan proses administrasi dan pemeliharaannya.

Kategori:Oracle
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: